Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Monday, December 4, 2017

Trik mudah scan menggunakan printer canon mp287

Printer Canon MP287 merupakan salah satu perangkat pencetak dimana peralatan pencetak dalam berbagai bidang sangat di perlukan dan dibutuhkan guna melakukan pencetakan terhadap hasil pekerjaan, begitu banyak vendor yang berlomba-lomba dalam menciptakan produk ke pasar untuk dapat digunakan oleh semua lapisan yang membutuhkan. Perkembangan dunia peralatan tekonolgi khususnya printer sanagat berkembang seperti halnya spesifikasi kemampuan dalam melakukan scan terhadap suatu file untuk di olah menjadi data digital semakin mempermudah pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun kita ketahui bahwa peralatan scan biasanya tersendiri tidak tergabung dalam sebuah peralatan seperti printer namun saat ini istilah 3 in one adalah istilah yang diberikan kepad
a peralatan printer yang dapat melakukan tugas sekaligus selain dapat mencetak hasil perkerjaan juga dapat melakukan scan data ataupun dapat melakukan perintah copy data alias menggandakan data. Canon merupakan vendor yang sering sekali mengeluarkan produk yang cukup diandalkan dalam dunia teknologi dengan selalu melakukan inovasi terbaru yang pastinya sangat mempermudah dalam penggunaanya. Salah satunya adalah PIXMA MP287 yang melakukan kombinasi kecepatan dalam melakukan pencetakan dengan kualitas unggulan, selain itu dapat melakukan pencetakan, printer ini juga dapat melakukan penyalinan atau dengan istilah melakuakn copy data seperti  layaknya mesin fotocopy namun juga dapat melakukan scan data yang nantinya dapat dimasukkan kedalam media pengolahan data semisal komputer. Dengan kemampuan pencetakan sampai dengan kecepatan 8.4ipm (Mono) sangat baik dan sangat diandalkan akan tetapi printer canon mp287 tidak bisa scan merupakan kendala yang muncul namun tidak bisa disalahkan sepenuhnya terkadang cara scan di printer canon pixma mp287 yang salah .

Baca : Bluetooth media nirkabel dalam jaringan komputer

Salah satu kemampuan dari printer PIXMA MP287 dapat melakukan scan data, berikut akan disampaikan teknik dan trik scan menggunakan PIXMA MP287 dengan mudah.
  1. Lakukan penginstalan terlebih dahulu dengan menggunakan software Printer PIXMA MP287 yang sudah disertakan dalam pembelian perangkat printer. Saat membeli printer baru canon pixma mp287 disetiap pembelian dari toko yang masih baru biasanya produk printer telah disedikan seperangkat dimana berisi CD software PIXMA MP287. Namun apabila tidak memiliki software pinter karena alasan hilang atau apapun itu, perusahaan canon telah menyediakan nya secara online dan anda dapat langsung mengunjungi website karena sudah disedikan software yang sesuai dengan perangkat yang digunakan secara digital dan dapat di download agar dapat melakukan instalisasi secara offile di komputer atau perangkat yang digunakan.
  2. Buka control panel diperangkat komputer untuk masuk ke sistem printer dan device. Untuk membuka control panel di komputer dapat di lakukan dengan berbeda-beda sesuai dengan sistem operasi yang digunakan, seperti windows 7, windows 8 ataupun windows 10. membuka dengan menggunakan software sistem operasi windows 7 dapat dilakukan dengan cara klik start kemudian disebelah kanan tampilan terdapat control panel atau dapat dilakukan dengan cara tekan tombol windows di keyboard dan sambil menekan tombol R masukkan tulisan control panel sedangkan untuk sistem operasi windows 8 untuk mencari control panel dapat mengarahkan kursor mouse ke arah kanan layar monitor komputer dan akan tampil sederetan perintah kemudian silahkan klik search dengan ikon kaca pembesar yang nantinya akan di tuntun untuk melakukan pencarian data maupun aplikasi, masukkan tulisan control panel di bar yang ditampilkan anda akan diperlihatkan kata demi kata pilihan bantuan disebelah kiri dari tampilan layar monitor sehingga anda dapat langsung memilih control panel di sebelah kiri tampilan dan akan masuk ke sistem tampilan layar control panel.
  3. Klik Hardware and Sound lalu klik device and printers. Layar control panel telah terbuka selanjutnya klik hardware and sound yang akan menuntun untuk ke langkah selanjutnya dari tombol hardware and sound akan di perlihatkan pilihan yang akan dipilih untuk masuk ke device printer. Hardware and soun akan menyuguhkan banyak perintah diantaranya display, sound, power options, autoplay, dan device and printers yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing untuk meningkatkan peforma dalam menjalankan komputer agar dapat diatur sesuai dengan keinginan dari user atau pengguna komputer itu sendiri. kemudian klik device and pinters.
  4. Devices and printer akan menampilkan peralatan yang digunakan oleh komputer yang sedang digunakan termasuk printer. Pada tampilan menu deviceakan di perlihatkan jumlah peralatan yang digunakan sistem komputer telah menakukan kalkulasi dari peralatan tambahan yang dipakai dalam komputer itu sendiri biasanya apabila terdapat peralatan tambahan seperti peralatan speaker , usb keyboard maupun menggunakan USB Optical  Mouse akan tampil. Sistem komputer akan membaca secara plug in port yang menggunakan perangkat pencetak sedangkan untuk membedakan antara satu dengan yang lainnya sesuai dengan port yang digunakan istilah copy 1, copy 2 dan seterusnya. tidak perlu cemas karena sistem komputer hanya membaca sesuai dengan soft yang tepat untuk sistem komputer itu sendiri.
  5. Klik printer canon MP280 series. Tidak perlu cemas apabila secara perangkat keras yang digunakan ada Canon MP287 namun dalam tampilan software yang digunakan adalah MP280 hal ini tidak akan menimbulkan masalah selagi dapat melakukan pencetakan. yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemilihan jenis printer saat memulai mencetak data adalah jenis printer series tanpa atau menggunakan copy, sekali lagi hal ini karena sistem komputer yang malukan pembacaan sistem printer. hal ini sekali lagi tidak menjadi persoalan.
  6. Klik kanan printer canon MP280 dan klik start scan. Untuk memulai scaning printer maka klik start scan adalah langkah awal untuk melakukan proses scaning data, akan tetapi harus terlebih dahulu komputer dan printer dalam keadaan hidup dan tersambung satu sama lainnya, apabila tidak tidak tersambung atau connecting maka tidak akan tampil pilihan start scan. Tampilan new scan akan memperlihatkan jenis printer yang digunakan atau perangkat scan yang digunakan, profile untuk menentukan jenis data yang akan dihasilkan photo untuk menghasilkan data scaning berbentuk photo dan documen dalam bentuk dokumen yakni dalam jenis pdf. tiga tombol pilihan preview, scan, cancel yang berfungsi preview untuk melihat hasil scan sebelum menjadi data dalam komputer, scan untuk memulai scaning data sedangkan cancel untuk membatalkan proses scan data. 
  7. Klik scan untuk memulai proses scan data. Tunggu sampai proses scan selesai lanjutkan dengan impor data, pilih data kemudian impor.
  8. Untuk melihat hasil dari scan data biasanya komputer akan otomatis membuat folder sendiri yang berada di folder picture, dalam hal ini setiap dapat saja berbeda ada yang terdapat di folder picture dengan nama folder sendiri.
Demikian semoga bermanfaat.