Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Monday, March 13, 2017

Mengenal perangkat keras jaringan komputer

Dunia teknologi khususnya di bidang jaringan komputer sudah merambah ke penjuru lapisan aktivitas manusia karena menawarkan segudang kemudahan serta keefisienan dalam menggunakan waktu yang kian hari kian terkikis oleh pekerjaan, selain waktu biayapun pastinya menjadi tolak ukur membangun sebuah jaringan komputer, hal dimana dengan menggunakan jaringan dapat mengurangi pengeluaran yang berbau pemborosan
sebab dapat berbagi sumber daya atau satu sumberdaya dapat di pergunakan secara bersama-sama seperti alat cetak data yakni printer dapat digunakan lebih dari satu komputer yang dikenal dengan sharing printer dengan melakukan konfigurasi tententu pada printer. Itulah sebagian dari keuntungan penggunaan jaringan komputer, namun ada baiknya mengenal perangkat keras apa saja yang digunakan untuk membuat sebuah jaringan komputer. Berikut perangkat keras yang harus dimiliki untuk membuat jaringan komputer:

1.       PC (Personal Computer). Perangkat utama yang menyimpan semua fasilitas jaringan dan mengelola lalu lintas yang terdapat dalam jaringan, sebagai pusat kontrol dari apa yang dilakukan oleh perangkat keras lainnya . 







2.       NIC (Network Interface Card). Perangkat ini sebagai node untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer lain, sebagai penerima data yang dikirim melalui kabel dan diterjemakan agar dapat di proses oleh komputer. Cara kerjanya dari alat ini dalah mengubah aliran data paralel menjadi serial agar dapat di transmisikan diatas media jaringan. Sebegitu penting dari fungsinya maka NIC harus dimiliki oleh setiap komputer yang akan masuk kedalam jaringan.

3.       Media penghubung. Kabel salah satu alat yang dapat dipakai tapi bukan kabel listrik ya,, kabel disini maksudnya adalah kabel yang digunakan khusus untuk sebuah jaringan komputer, adapun jenisnya tergantung dari konektor yang dipakai dan jenis topologi jaringan yang digunakan. Jenis kabel jaringan seperti UTP ada dua yakni straight dan cross, coaxial, fiber optic






Sekian artikelnya semoga bermanfaat.

Artikel lain :